Perbedaan Penggunaan IN, ON dan AT di Bahasa Inggris

Onion's English ~ Perbedaan Penggunaan IN, ON dan AT di Bahasa Inggris | Preposition dibagi menjadi tiga. Pertama, untuk menerangkan waktu, kedua untuk menerangkan lokasi dan ketiga adalah untuk menerangkan pergerakan atau movement.


Onion's English ~ Perbedaan Penggunaan IN, ON dan AT di Bahasa Inggris

Perhatikan tiga contoh kalimat dibawah ini :
– Lala was born in 1994.
– Lala was born on July 15th.
– Lala was born at 9:15 AM.
Saat kamu memperhatikan ketiga contoh diatas, maka perbedaan antara in,on dan at akan terlihat sangat jelas. Perbedaan tersebut adalah :

In
Dalam konteks waktu, kata depan in digunakan untuk menjelaskan waktu yang general atau memiliki cakupan yang besar. Seperti di contoh kalimat diatas. 1994 harus didahului dengan in karena 1994 bersifat sangat luas. Ada 12 bulan dalam tahun 1994, juga ada 365 hari dalam setahun tersebut.  Maka, preposition yang paling tepat adalah in.In juga digunakan ketika kita berbicara abad, bulan, morning, afternoon, evening.

On
Pada konteks waktu, kata on digunakan untuk menjelaskan waktu yang lebih spesifik dari kata in. Tanggal adalah sebuah hal yang lebih spesifikk dibandingkan dengan tahun. Namun, tanggal juga belum bisa dikatakan paling spesifik. Masih ada 24 jam dalam satu hari. Tidak jelas juga pukul berapa lala lahir. Oleh karena itu, untuk konten yang mengandung tanggal lebih baik menggunakan on. Selain itu on juga digunakan pada hari dalam satu minggu seperti, on Sunday, on Saturday, on Wednesday.

At
Untuk kata depan yang terakhir ini, dalam konteks waktu digunakan untuk waktu yang paling spesifik. Apabila sebuah kalimat sudah menggunakan hitungan jam, maka dia bisa dianggap sudah paling jelas. Kerena tidak bisa ada lagi yang bisa diturunkan.
 Onion's English ~ Perbedaan Penggunaan IN, ON dan AT di Bahasa Inggris
Perhatikan 3 contoh kalimat dibawah ini
– Indah  lives in Bandung.
– Indah lives on Dago Street.
– Indah  lives at 25th Dago Street.
Jika kita perhatikan, perbedaan in, on dan at untuk tempat juga bergantung pada spesifikasi.

In
Dalam konteks tempat atau lokasi. Kata in mempunyai ruang lingkup yang sangat general atau besar. Dalam contoh diatas, hanya dijelaskan Indah tinggal di Bandung. Jika kita membaca kalimat tersebut pastilah yang pertama kali muncul adalah “Bandung sebelah mana?”. Nah! “Sebelah mana” inilah yang membuat dia harus menggunakan in. In dalam menjelasakan suatu tempat atau lokasi juga digunakan pada benua, negara, area, provinsi, dan tempat lainnya dalam konteks secara general.

On
Berbeda dengan in, kata depan on digunakan untuk contoh yang sedikit terperinci. Dalam kalimat diatas digunakan pada nama jalan tanpa nomor. Karena nama jalan lebih terperinci jika dibandingkan dengan nama kota yang lebih general. Kata on juga digunakan untuk nama pulau, sungai, pantai.

At
Dan yang terakhir adalah kata at. Jika kita ingin menjelaskan suatu nama jalan dengan nomor atau alamat lengkap maka harus menggunakan preposisi at. Jelas bukan, jika alamat sudah mencangkup nomor rumah, berarti dia sudah cukup terperinci.

Posting Komentar

0 Komentar